http://www1.adsensecamp.com/show/click.php?sid=mRdDaoNm8jEfHjaXqGsflH3ruphn9bMloL0lNGftgL4%3D&mid=EjaJmS1dntm%2BX72MOzJDBQE8LK%2Fi2T92ec739JbynYU%3D&ogi=r1efHiL667Gw178F%2FwEKiwD6bAvnS98FPQzVjg73xyM%3D&omid=BQd02UEWA%2Fs%3D&chan=WB3ae77b+8A%3D&i=6zepDC1828IRA3NnZPI4x3y5wpnCV3PoyW5ZUNXhvNnNjvvVUPwD4yC5ALPkvmVH&r=S3bVBZ7uC8wCmvRpmt5qgx15VfAQVibWFgEk6cp8ypeT9DR6G2klxBQeXRxSdpEI0ExoTzy48Q%2F%2BY7zpAqYiXA%3D%3D&a=xHMulCJa2UOFnEPfzInWFAfTW4SZZC8wcztg31qspQrmhhJRxvOKbj7L8Xrjcyq4NdhBTaHVaYGQ8JZ5LlQdtXZlYikVkwaBQji7ZbeS7HgSHL5%2FxUQ%2BIk%2FlBGI9VYuZFkkvG4usQIrdUSVoTlbfSQ%3D%3D

Mundur, Rahmad Kembali Jadi Marinir

Jakarta:– Setelah memutuskan mundur sebagai pelatih tim nasional di bawah umur 23 tahun, Rahmad Darmawan kembali berdinas sebagai Kapten Marinir Angkatan Laut. Rahmad mulai aktif berdinas pada Selasa, 13 Desember 2011, tepat saat dirinya mengirimkan surat pengunduran diri ke pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Saya sudah mulai berdinas lagi, Selasa kemarin saya ngantor. " kata Rahmad, saat ditemui Tempo di kediamannya, Victoria Park, Tangerang, Banten, Rabu malam, 14 Desember 2011.

Rahmad mengatakan hanya mendapatkan izin dari Kesatuannya untuk tidak berdinas, hanya saat dirinya tidak sedang melatih. Rahmad sendiri hingga saat ini tidak pernah kesulitan untuk meminta ijin kepada Komandannya.

“Kalau tidak melatih, ya berdinas lagi. Saya tidak pernah kesulitan untuk meminta ijin, karena selama ini tidak pernah mempunyai masalah dan menggunakan ijin itu dengan kegiatan positif. Tapi tetap harus berkomunikasi dengan kesatuan jika sedang melatih,” katanya.

Rahmad resmi mengundurkan diri pada Selasa, 13 Desember 2011, melalui surat pengunduran diri yang diantarkan teman dekatnya, Eddy Syahputra, ke kantor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Rahmad beralasan pengunduran dirinya itu karena merasa gagal meraih target pada SEA Games XXVI. Selain itu, Rahmad juga kecewa terhadap keputusan PSSI melarang pemain yang berlaga di Liga Super Indonesia untuk membela tim nasional. “Saya ingin beristirahat dulu menjadi pelatih,” kata Rahmad.

Namun demikian, Rahmad mengaku tidak ingin berlama-lama beristirahat. Setelah tidak menjadi pelatih timnas yang akan berlaku pada 13 Januari 2012 mendatang, Rahmad berencana akan bersokalah kepelatihan dan memikirkan untuk melatih di klub. Hingga saat ini, sudah ada tiga klub yang mengincar Rahmad, salah satunya klub Pelita Jaya.

“Saya tidak mau berlama-lama istirahat. Saya harus eksis di sepak bola untuk mengasah kemampuan saya dalam melatih, caranya segera mencari klub atau saya sekolah,” tandasnya.