http://www1.adsensecamp.com/show/click.php?sid=mRdDaoNm8jEfHjaXqGsflH3ruphn9bMloL0lNGftgL4%3D&mid=EjaJmS1dntm%2BX72MOzJDBQE8LK%2Fi2T92ec739JbynYU%3D&ogi=r1efHiL667Gw178F%2FwEKiwD6bAvnS98FPQzVjg73xyM%3D&omid=BQd02UEWA%2Fs%3D&chan=WB3ae77b+8A%3D&i=6zepDC1828IRA3NnZPI4x3y5wpnCV3PoyW5ZUNXhvNnNjvvVUPwD4yC5ALPkvmVH&r=S3bVBZ7uC8wCmvRpmt5qgx15VfAQVibWFgEk6cp8ypeT9DR6G2klxBQeXRxSdpEI0ExoTzy48Q%2F%2BY7zpAqYiXA%3D%3D&a=xHMulCJa2UOFnEPfzInWFAfTW4SZZC8wcztg31qspQrmhhJRxvOKbj7L8Xrjcyq4NdhBTaHVaYGQ8JZ5LlQdtXZlYikVkwaBQji7ZbeS7HgSHL5%2FxUQ%2BIk%2FlBGI9VYuZFkkvG4usQIrdUSVoTlbfSQ%3D%3D

Ariel & Luna Qurban 2 Ekor Sapi Di Rutan

BANDUNG - Nazriel Irham atau Ariel, eks vokalis Peterpan yang hingga kini masih mendekam di Rumah Tahanan (rutan) Kebon Waru Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, turut menyumbang hewan kurban pada hari raya Iduladha 1432. Seekor sapi dipilih Ariel untuk disembelih pada hari raya Iduladha ini.

Ariel tampak khusuk saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban miliknya itu. Dalam perayaan Iduladha 2011, Ariel menyumbang satu ekor sapi dengan mengatasnamakan dirinya dan keluarga.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kebon Waru, Ahmad Tohari mengatakan, pada Iduladha tahun ini, Rutan Kebon Waru menyembelih dua ekor sapi dan lima kambing. "Ariel menyaksikan langsung penyembelihan kurban, dan dia tampak khusuk berdoa," katanya kepada wartawan di Rutan Kebon Waru, Jalan Jakarta, Minggu (6/11).

Selain Ariel, kata Tohari, kekasihnya pun Luna Maya ikut menyumbangkan satu ekor sapi untuk disumbangkan bagi seluruh warga binaan. Namun, Luna tak datang untuk menyaksikan prosesi penyembelihannya. "Luna tak datang ke sini, tapi kemarin ada asistennya yang menanyakan boleh gak kurban di sini. Saya bilang boleh saja, asalkan jangan uangnya tapi dikirim saja hewan kurbannya. Karena kalau kita yang beli takut gak sesuai dengan keinginan," ujarnya.

Setelah disembelih, hewan kurban langsung dikuliti dan dimasak untuk dijadikan menu tambahan. Jadi para penghuni rumah tahanan tinggal memakannya saja, dan jika tak habis hari ini, bisa dimasak lagi buat keesokan harinya.

Tohari menjelaskan, pada Iduladha tahun ini, jumlah hewan kurban yang disembelih selain dari penghuni rutan, hewan kurban juga merupakan sumbangan dari Kepala Rutan Kebon Waru, dan warga luar di sekitar rutan. Selian itu, Tohari pun mengaku menyumbang seekor kambing untuk dikurbankan.

Saat ini, dikatakan Tohari, ada sebanyak 108 warga penghuni di Rutan Kebon Waru beragama Islam, baik itu warga binaan atau tahanan titipan kejaksaan, mengikuti salat ied. Setelah itu, para tahanan pun kembali ke selnya masing-masing.

Seperti diketahui, hingga saat ini Ariel ditahan karena masih menunggu hasil kasasi setelah langkah banding yang ia ajukan ke MA ditolak. Upaya banding yang dilakukan mantan vokalis Peterpan Nazriel Ilham alias Ariel ditolak Pengadilan Tinggi (PT) Bandung. PT Bandung menilai vonis 3,5 tahun penjara plus denda Rp 250 juta oleh majelis hakim PN Bandung merupakan keputusan tepat.

Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru Bandung tetap membuka layanan jam besuk pada Minggu (6/11). Padahal biasanya, rutan tidak membuka layanannya setiap hari Minggu.

Dijelaskan Kepala Rumah Tahanan Kebon Waru, Wahid Husein saat dihubungi beberapa waktu lalu, layanan jam besuk tersebut dibuka untuk memberi kesempatan pada keluarga dari warga binaan atau tahanan yang ingin menikmati hari raya bersama keluarga. "Ya kasihan juga kan. Mungkin mereka juga mau makan bersama atau menikmati daging kurban dengan keluarganya," katanya.

Kesempatan itu dimanfaatkan salah satu keluraga yang mengunjungi anggota keluarganya yang mendekam di Rutan Kebon Waru. Sebut saja, Rohendi (36) yang menjenguk saudaranya di rutan tersebut. "Ini kan lagi hari raya. Saya ingin memanfaatkan kesempatan ini dengan salah satu anggota keluarga saya yang kebetulan tidak bisa berkumpul dengan anggota keluarga lainnya, karena ada di balik jeruji," ungkap Rohendi.